Manfaat / Hikmah Bagi Orang Yang Memberi Dan Menerima Zakat

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sebagai syariat Allah untuk manusia, zakat tentu memiliki hikmah yang sangat besar. Hikmah tersebut tidak hanya bagi penerima, tetapi juga bagi mereka yang mengeluarkan zakat tersebut. Bagi muzakki, zakat membebaskan mereka dari api neraka akibat menahan harta hak orang lain.

Selain itu, mengeluarkan zakat akan memberika pendidikan pada jiwa muzakki untuk lebih memahami hakikat harta yang dimilikinya. Pemahaman yang benar akan harta yang dimiliki membuat muzakki terbebas dari rasa rakus dan sombong. Dengan demikian, muzakki dapat tampil di hadapan Allah sebagai pribadi yang baik. Bagi penerima, zakat juga memberikan hikmah yang sangat besar.

Harta yang dikeluarkan oleh si kaya sebagai zakat, mungkin baginya tidaklah seberapa. Namun, bagi penerima harta itu akan sangat berarti dalam menyambung hidupnya. Bagi penerima, zakat mengandung manfaat yang tidak kecil, seperti :
  1. Mengurangi penderitaan dan kesusahan hidup yang mereka hadapi
  2. Menghindarkan mereka dari berbuat jahat akibat hidup serba kekurangan;
  3. Memungkinkan mereka untuk dapat mengubah hidup menjadi lebih layak dengan modal yang mereka terima;
  4. Mempersempit jarak (kesenjangan sosial) yang ada di antara mereka dan orang-orang kaya; serta
  5. Mempererat tali persaudaraan antara mereka dengan orangorang kaya.
Itulah sebagaian hikmah muzakki dan Mustahiq zakat, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…